Kebiasaan yang Tanpa Disadari Menjadi Penyebab Sakit Jantung

ilustrasi kena serangan jantung
Sumber gambar: surabaya.tribunnews.com

Penyakit jantung tidak melulu dikarenakan faktor keturunan saja. Namun yang saat ini banyak ditemui pada penderita, penyakit ini bisa terjadi lantaran faktor dari gaya hidup atau kebiasaan yang tidak sehat. Menjaga pola hidup sehat memang tanggung jawab masing-masing individu agar tubuh senantiasa sehat dan bisa terhindar dari berbagai macam penyakit. Namun jika mengingat kesehatan yang sangat mahal harganya tentu menjalani gaya hidup sehat tidak perlu ditawar lagi. Jantung yang merupakan organ tubuh manusia merupakan bagian yang sangat vital. Karena jantung memiliki fungsi untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Darah sangat berperan penting dalam tubuh, seperti untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh. Untuk itulah fungsi organ jantung sangat diperlukan.

Sakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Bahkan penderita penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja tanpa pandang usia. Parahnya, penyakit jantung bisa terjadi akibat dari kebiasaan-kebiasaan sehari-hari yang sering dianggap remeh dan dianggap normal untuk dilakukan. Lantas kebiasaan-kebiasaan seperti apakah yang bisa memicu penyakit ini? Berikut ini diantaranya:

1. Duduk berjam-jam menonton televisi

Di kalangan masyarakat, televisi merupakan salah satu sumber hiburan sehari-hari. Buruknya, karena terlalu asyik menikmati acara televisi beberapa orang jadi enggan melakukan aktivitas yang lain. Duduk berjam-jam menonton televisi ternyata bisa meningkatkan resiko serangan jantung. Hal ini karena selama menonton televisi, seseorang cenderung akan berada di posisi yang sama yaitu duduk tanpa aktivitas lain. Kegiatan ini bisa menyebabkan peredaran darah menjadi terganggu. Selain itu, kurangnya tubuh dalam bergerak juga bisa mempengaruhi kadar lemak dan gula dalam tubuh.

2. Malas berolahraga

Malas berolahraga ternyata juga ikut berperan meningkatkan resiko penyakit jantung. Melakukan olahraga saat ada keinginan saja atau bahkan jarang, tidak akan memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Untuk itu sebaiknya lakukan olahraga secara rutin dan dalam durasi waktu yang sedikit lebih lama sekitar 30-40 menit dengan frekuensi 3 kali dalam seminggu.

3. Makan terlalu banyak

Mengkonsumsi makanan secara berlebih akan menyebabkan seseorang mengalami obesitas dan penyakit jantung. Terlebih jika makanan yang dikonsumsi adalah jenis makanan manis. Untuk itu, agar kesehatan jantung terjaga konsumsi makanan dengan porsi yang cukup dan menghindari minuman atau makanan manis secara berlebihan, maupun karbohidrat olahan. Perhatikan label kemasan makanan yang dibeli dan pilihlah yang rendah lemak dan memiliki kandungan nutrisi yang baik.

4. Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok akan mengganggu kondisi pernapasan dan tekanan darah, sehingga berbahaya bagi kesehatan jantung. Merokok akan mengakibatkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah dan plak di dalam arteri. Lama kelamaan hal ini akan menghambat kinerja jantung. Hal ini juga akan berlaku demikian bagi yang terkena paparan asap rokok.

5. Minum alkohol berlebihan

Meminum alkohol berlebihan akan lebih beresiko terjadinya tekanan darah tinggi, gagal jantung tinggi, serta kadar lemak darah tinggi. Kalori ekstranya juga bisa menyebabkan berat badan bertambah sehingga mengancam kesehatan jantung.

6. Banyak mengkonsumsi daging merah

Daging merah sangat kaya dengan lemak tersaturasi. Mengkonsumsinya terlalu banyak akan meningkatkan terkena penyakit jantung. Untuk itu sebaiknya kurang konsumsi daging merah menjadi 10 % dari kebutuhan makanan sehari-hari dan hindari bagian daging yang berlemak.

7. Tidur yang tidak teratur

Kurang tidur atau bahkan tidur dengan durasi yang lama dari kebutuhan normal ternyata juga bisa menjadi penyebab penyakit jantung. Karena menurut hasil penelitian, tidur yang kurang memadai ataupun berlebih akan mempengaruhi pelepasan hormon dalam tubuh. Jika terjadi ketidakseimbangan hormon, nantinya akan berpengaruh pada kesehatan, seperti penyakit jantung, obesitas, serangan jantung, dan stroke.

Source: Klikdokter.com

Popular posts from this blog

Kesuksesan Karma Reality Show ANTV

Rok Midi Skirt, Rok Serbaguna dan Bisa Dikombinasikan dengan Macam-macam Atasan

Registrasi Pameran Otomotif dan Nikmati Keseruannya