Pohon Ditebang, Dibakar, Dijual, Selanjutnya Apalagi?

Pohon

Baru kemarin rasanya aku melihat beberapa pohon ditebang. Ketika itu, aku melihat beberapa orang menebang pohon dengan cara yang... bisa dibilang tidak berperikemanusiaan. Mereka memotong dahan pohon itu seperti orang kelaparan yang belum makan tiga hari. Begitu ganasnya.

Aku sendiri yang melihatnya hanya bisa terdiam. Terdiam tanpa sepatah kata apapun. Kadang terlintas dibenakku untuk memarahi mereka atau bahkan memukul mereka satu persatu. Namun, semua itu rasanya tidak mungkin.

Saat aku melihat pohon itu disiksa... pohon itu sepertinya menangis. Menangis seperti anak yang kehilangan orang tuanya. Aku pun sedih melihatnya, tak pernah aku merasa sesedih ini.

Tak kusangka manusia bisa sekejam itu.

Pohon itu mulai menangis, seiring dengan daunnya yang terbang dibawa angin. Pergi menghilang bersama hamparan sampah - sampah yang ada disekitarnya. Tak ada lagi kesejukkan setiap pagi yang ia tunjukkan. Tak ada lagi serangga - serangga yang bermain dengannya. Kini hanya ada beberapa potongan kayu yang siap dijual oleh orang - orang itu.

Hari berganti hari terasa semakin panas. Pohon - pohon sudah berganti menjadi bangunan - bangunan tinggi yang megah. Kini kesejukkan bukan milik semua orang. Kesejukkan hanya milik orang - orang yang ada di dalam bangunan megah itu.

Lalu siapa yang harus disalahkan?

kebakaran hutan

Tidak puas hanya ditebang, kini mereka membakar hutan yang dipenuhi dengan pohon - pohon hijau. Mereka berbohong dengan mengatakan bahwa kebakaran hutan ini terjadi secara alami. Aku muak dengan semua kebohongan ini.

Apa sebenarnya yang ada diotak mereka? apa hanya ada uang, uang dan uang? kalau boleh memaki dengan kata - kata kotor, pastinya aku akan memaki dengan kata - kata yang paling kotor sekotor - kotornya di depan mereka.

Mereka bukan hanya merusak beberapa pohon, tapi lebih dari itu. Ini hutan! 

Kita semua tahu, di hutan tidak hanya ada pohon, tetapi ada tanaman, serangga, hewan dan berbagai jenis makhluk hidup lainnya.

tupai hutan

Apa mereka tidak kasihan pada binatang seperti ini? kemana nantinya mereka akan tinggal? kemana nantinya mereka harus mencari makan? kemana nantinya ekosistem hutan yang sudah berlangsung sejak awal bumi ini terbentuk?

Tetapi saat ini yang ada hanyalah rasa penyesalan. Mereka pasti menyesal suatu saat nanti. Tetapi banyak yang bilang semua ini sudah terlambat. Pohon - pohon tidak akan bisa tumbuh kembali. Binatang - binatang tidak akan mempunyai habitat mereka lagi.

Sekarang, hanya tersisa manusia dengan keegoisannya masing - masing. Keegoisan yang pastinya tidak akan pernah hilang pada diri manusia. Selama manusia belum sadar, mereka akan terus seperti ini. 

Jadi, kita hanya bisa menunggu sampai kapan mereka akan sadar. 

Atau... kita sendiri yang membawa perubahan demi lingkungan yang lebih baik...

Mari kita selamatkan hutan dan semua yang ada didalamnya, termasuk pohon - pohon yang ada disekitar kita... terima kasih telah meluangkan waktunya membaca artikel ini, semoga bermanfaat :)

hutan

Popular posts from this blog

Kesuksesan Karma Reality Show ANTV

Rok Midi Skirt, Rok Serbaguna dan Bisa Dikombinasikan dengan Macam-macam Atasan

Registrasi Pameran Otomotif dan Nikmati Keseruannya